Kamis, 14 November 2019

Wajib Cobain 5 Minuman Unik Pelepas Dahaga Khas Yogyakarta


Berbicara mengenai Yogyakarta kemungkinan besar kamu akan menemukan hal-hal yang unik. Mulai dari kulinernya, tempat wisata, fashion, serta tata letak kotanya yang cukup unik. Untuk kuliner Yogyakarta yang cukup terkenal ada bakpia, gudeg, wedang ronde, brem, dan lain sebagainya. Ada juga berbagai resep minuman segar yang disajikan cukup unik, mulai dari kopi joss, rujak es krim, bir pletok, dan seterusnya.


Minuman Unik Khas Yogyakarta

Yogyakarta sebagai kota yang unik memiliki berbagai minuman khas yang bisa membuat kamu ketagihan saat mencobanya. Minuman unik ini dapat kamu temukan di sepanjang jalan Yogyakarta yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Kenapa minuman-minuman yang akan dibahas ini tergolong unik? Karena cara penyajiannya bisa dikatakan sangat berbeda dari biasanya. Apa sajakah minuman itu, yuk simak uraiannya di bawah ini.

  1. Kopi Joss
Kopi joss sangat hits sekali di Yogyakarta lantaran cara penyajiannya yang sangat unik. Kopi unik ini diberi tambahan arang untuk menambah cita rasa dari kopi itu sendiri. Selain itu, air yang digunakan untuk menyeduh kopi dimasak menggunakan teko besar dengan arang panas di bawahnya.
Biji kopi yang digunakan pun berasal dari Klaten yang disangrai serta ditumbuk sendiri. Orang-orang Yogyakarta pada umumnya meyakini bahwa memasak di bawah arang secara langsung akan lebih nikmat dibandingkan menggunakan kompor.
  1. Wedang Uwuh
Nama minuman ini cukup unik, karena uwuh sendiri dalam bahasa Jawa memiliki arti sampah. Namun bukan berarti minuman ini dibuat dari berbagai kumpulan sampah. Biasanya wedang uwuh disajikan dalam keadaan hangat atau panas dengan rasa manis dan panas serta warna merah cerah. Aroma wedang uwuh pun sangat harum dan begitu menggoda bagi penikmat jahe merah dan secang.


  1. Bir Pletok
Pada masa Sultan Hamengkubuwono VII tahun 1930-an, beliau tertarik dengan kebiasaan orang Belanda yang menghangatkan diri dengan meminum bir. Kemudian beliau terinspirasi membuat minuman serupa namun tidak mengandung alkohol. Alhasil, lahirlah bir pletok yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Bir ini terbuat dari kayu secang, kapulaga, pandan, serai, dan cengkeh. Semua rempah itu direbus dengan tambahan gula batu.

Setelah itu, air rebusan rempah didinginkan serta ditambah perasan air jeruk nipis yang disimpan di dalam botol. Sebelum kamu meminum bir pletok, biasanya orang-orang mengocoknya terlebih dahulu agar keluar busa-busa di atasnya. Nah, karena adanya busa inilah yang kemudian resep minuman segar ini disebut dengan bir pletok.

  1. Es Semlo
Untuk sekarang ini es semlo jarang ditemukan di pinggiran jalan Yogyakarta lantaran hanya disajikan di kraton saja pada masa Sultan Hamengkubuwono IX. Bahkan minuman segar ini terkenal sebagai minuman kesukaan Sultan pada waktu itu. Isian dari es semlo sendiri ialah pisang yang dimasak dengan air rebusan rempah-rempah yang dipakai untuk membuat wedang. Es semlo akan terasa lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin.

  1. Rujak Es Krim
Minuman yang dibahas sebelumnya identik dengan minuman segar nan hangat. Nah, untuk sekarang ini kita akan membahas minuman yang nikmat disajikan saat panas menyerang, yaitu rujak es krim. Minuman ini terdiri dari perpaduan buah-buahan muda yang dibalut dengan bumbu rujak dan es krim di atasnya.

Demikianlah beberapa resep minuman segar khas Yogyakarta yang memiliki cara penyajian unik. Karena keunikan penyajiannya, beberapa minuman di atas justru sangat laku di pasaran bahkan terkenal hingga ke luar kota Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar