Minggu, 09 Februari 2020

Cara Membedakan Itik Jantan & Betina Umur 1 Hari

 Buat para peternak itik sering kali harus sanggup memilih jantan maupun betina ketika umur  Cara Membedakan Itik Jantan & Betina Umur 1 Hari
Buat para peternak itik sering kali harus sanggup memilih jantan maupun betina ketika umur 1 hari ataupun habis masa tetas telur. Guna sexing ini yaitu untuk membedakan jantan dan betina untuk perawatan selanjutnya. Biasanya itik betina akan dilakukan perawatan sebagai itik petelur sedang itik jantan biasanya dipakai untuk itik pedaging. Lalu bagaimana cara membedakan itik yang gres menetas ataupun gres berumur satu hari berikut tipsnya.

1.Hand sexing
Adalah cara memilah kelamin anak itik dengan cara membuka anus/kloaka. Jika terdapat benjolan kecil dianus maka anak itik ini berkelamin jantan, jikalau tidak ada maka berkelamin betina. Sexing dengan cara ini mempunyai tingkat akurasi/ketepatan yang tinggi, tapi sedikit repot dan makan waktu tidak mengecewakan lama. Kelemahan dari sistem ini yaitu kete;litian dan waktu yang lama, Bayangkan jikalau yang dipilah berjumlah ratusan atau bahkan ribuan.

2.Bend sexing
Adalah memilah kelamin anak itik dengan memperhtikan tingkah anak itik. Termasuk dalam cara ini yaitu membedakan warna bulu dan paruh anak itik. Bulu anak itik jantan lebih gelap dan garang daripada anak itik betina. Warna paruh anak itik jantan abu-abu kehitaman, sedang anak itik betina lebih terperinci seolah-olah warna bawang merah (bhs jawa : mbrambang). Dengan cara ini akan lebih gampang dan cepat dibanding cara nomer 1 /hand sexing. Namun jikalau ada keraguan maka cara nomer 1 dilakukan. Kelemahannya yaitu biasanya cara ini dilakukan hanya peternak profesional saja alasannya membutuhkan waktu yang cukup usang untuk mempelajari cara ini.

3.Voice sexing
Adalah pemilahan kelamin anak itik dengan membedakan bunyi yang dikeluarkan anak itik. Anak itik jantan bersuara serak, sedangkan anak itik betina nyaring. Cara ini membutuhkan latihan dan konsentrasi.

Demikian cara sederhana dalam sexing DOD (day old duck) waluppun ketika ini di perusahaan besar telah memakai tekhnik perkawinan silang yang akan menghasilkan itik yang eksklusif sanggup terdeteksi jantan maupun betina dari warna bulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar