Senin, 21 Oktober 2019

4 Tips Memilih Produk Asuransi Syariah


Perbedaan asuransi syariah dan asuransi konvensional terletak pada akad yang disepakati. Selain itu, asuransi yang berbasis syariah memiliki DPS atau Dewan Pengawas Syariah untuk mengawasi pengelolaan dana sesuai dengan ketentuan Islam. Kalau Anda memang tertarik mendaftarkan diri dan keluarga dengan asuransi berbasis syariah, wajib memperhatikan beberapa tips yang bermanfaat berikut ini.



1.                  Memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan

Mau pilih produk asuransi berbasis syariah yang fokus pada kesehatan, pendidikan, jiwa, dan lain-lain, kenapa tidak? Alangkah baiknya Anda  memilih instrumen investasi yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan finansial.

2.                  Mencari referensi dan membandingkan antar premi

Ada banyak penyedia jasa asuransi di Indonesia yang berlomba menawarkan keunggulan produk masing-masing. Anda harus mencari referensi dari internet atau pelanggan lain mengenai rekam jejak pihak jasa asuransi.

Selain itu, bandingkan satu produk dengan produk lain untuk melihat besaran premi yang paling hemat. Namun, prioritaskan memilih premi yang memiliki manfaat plafon sebanding dengan besaran yang harus Anda bayar.

3.                  Pastikan pihak asuransi memiliki DPS dan akad yang jelas

Tips memilih produk asuransi berbasis syariah adalah memastikan keberadaan DPS yang siap memantau dan mengawasi pengelolaan dana asuransi Anda. Asuransi yang mengatasnamakan syariah selalu mengutamakan transparansi dana dengan akad yang jelas. Anda harus paham mengenai akad yang digunakan sebelum menekan polis asuransi berbasis syariah yaitu akad tijarah dengan bertujuan mencari keuntungan dan akad tabarru yang bersifat tolong menolong sesama peserta asuransi.

4.                  Pilih agen asuransi syariah profesional

Tidak ada salahnya mengajukan polis dengan bantuan agen asuransi yang profesional. Agen asuransi yang telah melewati proses sertifikasi atau memiliki keanggotaan AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) akan membantu Anda mendaftarkan polis dan menjelaskan gambaran ilustrasi asuransi.

Jika terjadi masalah atau hendak mengajukan klaim, agen yang baik akan membantu Anda melakukan pengajuan. Tidak ada salahnya Anda juga mencari tahu pengelolaan dana pihak asuransi yang berbasis syariah agar terhindar dari risiko pengelolaan yang terlarang. Bukankah Islam melarang riba atau sistem yang merugikan salah satu pihak?

Tips memilih produk asuransi di atas bisa menjadi pertimbangan Anda. Memilih asuransi jiwa atau produk asuransi berbasis syariah lain bisa memberikan ketenangan batin baik dunia dan akhirat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar