Minggu, 03 November 2019

Cegah Bayi Cacat hingga Kanker, 10 Khasiat Buah Naga untuk Ibu Hamil

SAAT mengandung, seorang perempuan tidak hanya bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri, namun juga kesehatan janin. Oleh karena itu, mengonsumsi banyak buah dan sayur sangat disarankan selama masa kehamilan. Salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah buah naga.



Siapa yang tak suka dengan buah naga? Buah yang satu ini memang menjadi salah satu pencuci mulut favorit banyak orang. Selain menyegarkan, buah naga juga memiliki kandungan yang baik, termasuk untuk ibu hamil.

Mungkin masih banyak ibu yang belum mengetahui manfaat mengonsumsi buah naga selama masa kehamilan. Padahal, manfaat buah naga untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini bermanfaat untuk perkembangan janin. Lantas, apa saja sih manfaat buah naga untuk ibu hamil? Melansir FirstCry Parenting berikut adalah ulasannya.

1. Sumber lemak sehat

Kehadiran lemak baik dalam tubuh perempuan hamil merupakan faktor penting, karena tidak hanya memberikan energi untuk menjaga berbagai proses berjalannya metabolisme, tetapi juga bekerja dalam mendukung pertumbuhan otak pada janin. Lemak yang terkandung dalam buah naga, bukan merupakan sumber lemak jenuh sehingga aman untuk dikonsumsi ibu dan bayi untuk mendukung kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan.

2. Sumber karbohidrat

Meskipun lemak bertindak lebih sebagai penyimpanan energi yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh ketika dibutuhkan, ada juga kebutuhan sumber energi yang mudah diakses, untuk mentransfernya langsung ke janin. Ini diperoleh dalam bentuk karbohidrat yang hadir dalam jumlah yang baik dalam buah naga. Kandungan buah naga yang kaya akan sumber karbohidrat, merupakan sumber energi alami yang penting untuk mendukung kesehatan ibu dan pertumbuhan bayi.

3. Mencegah kanker

Mengembangkan kanker di tengah-tengah kehamilan adalah mimpi buruk. Tetapi kemungkinan meningkat ketika radikal bebas di dalam tubuh bebas untuk merusak organ secara internal serta menghambat pertumbuhan janin. Buah naga mengandung antioksidan, dikombinasikan dengan vitamin C, beta-karoten dan juga likopen. Dan ini bekerja bersama dalam merawat radikal bebas, memperbaiki kerusakan internal, serta menyediakan tubuh dengan tubuh anti-karsinogenik untuk mencegah pertumbuhan tumor yang tidak berdasar.

4. Mencegah infeksi

Terinfeksi oleh mikroba yang berbeda menimbulkan risiko bagi janin karena mereka dapat menemukan jalan mereka ke bayi melalui plasenta. Buah naga memberikan manfaat melakukan regenerasi sel dalam pengobatan luka yang mencegah infeksi, serta menyediakan tubuh antijamur dan antibakteri untuk mengatasi mikroba yang sudah ada.

5. Mengatasi sembelit

Selama masa kehamilan, tak jarang perempuan mengeluhkan masalah pada sistem pencernaan, misalnya sembelit. Guna mengurangi masalah ini, penting bagi ibu hamil untuk selalu mengonsumsi buah yang kaya akan serat, salah satunya buah naga. Konsumsilah buah naga secara teraturagar sistem pencernaan kembali normal dengan fungsi yang efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar